Kuliah Kerja Nyata Pendidikan Kolaborasi

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Bahasa & Satra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHAMKA, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan Kolaborasi (KKN Dik Kolaborasi) di Desa Tempuran, Kecamatan Kaloran, Temanggung, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari Desember sampai dengan Februrari, mulai tahap persiapan hingga diseminasi hasil KKN Dik Kolaborasi.

Peserta KKN Dik Kolaborasi berjumlah 204 Mahasiswa, 31 dosen pembimbing lapangan dan 7 kepala dusun di Desa Tempuran. Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Literasi, Numerasi dan Ekonomi Kreatif untuk Temanggung Berkemajuan”, memiliki tugas kerja utama membuat rumah belajar, penyuluhan literasi dan Numerasi, serta penguatan ekonomi kreatif.

Pembukaan dihadiri Camat Kaloran, Kepala Desa, Babinsa dan babinkantibmas. Dalam sambutannya kepala desa menyambut positif kegiatan KKN Dik Kolaboratif ini sebagai upaya kolaborasi antara dunia pendidikan dan masyarakat.

Dr. Hj. Onny Fitriana S, M.Pd. ketua program studi pendidikan ekonomi dalam pembekalan KKN Dik Kolaboratif menyampaikan bahwa ini merupakan implementasi dari hasil belajar dan turun langsung kemasyarakat. Hal tepenting ketika dimasyakat saling menguatkan, selalu menjaga etika dalam bermasyarakat, serta memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Selain itu amanah dari wakil dekan 1 FKIP Uhamka Dr. Hj. Sri Astuti, M.Pd. menyampaikan seluruh peserta dapat menjalankan KKN Dik Kolaboratif dengan baik dan mengambil pelajaran di masyarakat. Terpenting dalam amanahnya jauhi kekerasan seksual dan pelecehan seksual, pungkasnya.